Informasi Kesehatan dan Tips Gaya Hidup Sehat

Wednesday, June 2, 2010


Tips Dan Cara Mencairkan Dana Jamsostek

Hari ini tepatnya pagi tadi tergesa-gesa ku menuju Kantor Jamsostek terdekat. Dengan bermodalkan Motor langsung saja tancap gas tanpa sarapan dulu. Nasib jadi pengangguran tidak ada uang masuk, sementara yang mau keluar udah menunggu nunggu. Tak ada yang bisa diharapkan lagi jalan satu-satunya dan mau gak mau ku memilih mencairkan Dana Jamsostek ku. Dan kebetulan sudah 5 tahun. Setibanya di Kantor buyar impianku mendapatkan uang. "Pak, Dana ini baru bisa diajukan akhir bulan Juli" Sebulan lagi dunk gumanku. Untung saja ku tidak lama2 mengantri, padahal no antrian yang terakhir ku lihat sudah 360an. ”Nah….adapun sobat2 yang mau mengambil dana nya di Jamsostek bisa mengikuti tips ku.

Berkas-berkas yang harus dipersiapkan :
1.Foto copy Kartu Keluarga masing-masing 2 lembar dan aslinya sekalian dibawa
2.Foto copy KTP masing-masing 2 lembar dan KTP aslinya
3.Foto copy Kartu Jamsostek masing-masing 2 lembar dan aslinya juga
4.Surat Pernyataan tidak bekerja lagi (satu berkas dengan form pengajuan jamsostek)
5.Saldo terakhir JHT (Jaminan Hari Tua Jamsostek) ; Tidak Wajib
6.Foto copy rekening Bank 2 lembar.

Bawalah semua berkas tersebut ke kantor Jamsostek. Dan langkah selanjutnya setelah sampai di kantor jamsostek adalah sbb:

1.Pada saat pengajuan pencairan dana Jamsostek dapat diwakili kecuali pada saat pengambilan dana harus pemegang kartu Jamsostek yang mengambil dana tersebut.

2.Ambil formulir yang perlu di isi untuk pengurusan pencairan dana Jamsostek. Formulir ini dapat diambil di kantor Jamsostek manapun.


3.Setelah formulir (Surat Pernyataan tidak bekerja) selesai di isi dan ditandatangani di atas materai 6000 Rupiah, maka bawalah kelengkapan berkas ke kantor Jamsostek terdekat (berkas seperti tertera diatas).



4.Kantor Jamsostek mulai buka jam 7 pagi. Maka disarankan datang di pagi hari biasanya antrian belum terlalu banyak.
5.Ambil nomor urut di Security walaupun kantor Jamsostek belum buka.
Ada dua jenis no antrian : Pengajuan dan Pengambilan Dana, jadi jangan salah ambil. Lebih mudahnya tanyakan langsung ke security yang bertugas.

6.Pengajuan yang sudah diterima dan terkonfirmasi akan diberi tahu oleh petugas kapan dana dapat diambil. Selain cash dan via Pos, dana tersebut dapat ditransfer ke rekening anda namun perlu waktu 5 hari kerja. (harus melampirkan berkas no.6)

7.Lebih memastikan, baiknya Pengajuan dana tersebut diajukan maksimal 2 bulan setelah anda habis kontrak, dengan catatan anda harus sudah menjadi anggota Jamsostek selama 5 tahun.

8.Pastikan total dana Jamsostek yang anda terima minimal harus sama dengan saldo terakhir Jamsostek, jika tidak ajukan pertanyaan sebelum menandatangani karena akan dianggap setuju bila anda melakukan tanda tangan.

9.Hal yang harus diingat, Dana Jamsostek merupakan uang murni hasil kerja keras kita bertahun2, jadi perjuangkan walau cuma Rp.100 perbedaanya. Jika anda berpikir tidak mempermasalahkan untuk Rp.100 maka kalikan saja jika 100juta orang Indonesia berpikiran sama seperti anda bisa terbayangkan berapa nilainya??? 10.000.000.000 10 Milyar. Bisa MUNTAH MUNTAH tuh cacing dalam perut orang2 Jamsostek.

Demikianlah tips dan cara pengajuan dana jamsostek, dan dana jamsostek dapat diambil dengan syarat berikut :

1. telah mencapai usia 55 tahun / pension
2. Meninggal Dunia
3. Cacat total tetap
4. Berhenti bekerja dengan masa kepesertaan telah mencapai sekurang kurangnya 5 tahun (Mi) lebih 2 bulan.

semoga bermanfaat………
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Informasi Kesehatan dan Tips Gaya Hidup Sehat
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top